ads

Tugas Mahasiswa

Tugas Mahasiswa[OneLeft]

Informasi

Tugas Akhir[OneRight]

Buku

Paper

     Objek psikologi perkembangan adalah perkembangan manusia sebagai pribadi, perkembangan manusia dipengaruhi oleh perkembangan masyarakatnya. Pada saat proses perkembangan terjadi dapat kita pedomani prinsip-prinsip perkembangan dari berbagai ahli sebagai berikut:
Prinsip perkembangan menurut Myers dalam Soegeng Santoso   sebagai berikut:
  1. Perkembangan bersifat multidimensional meliputi perkembangan    dimensi fisik, dimensi kognitif, dan dimensi sosial. 
  2. Perkembangan bersifat integral maksudnya menyeluruh, antar dimensi yang saling terkait.
  3. Perkembangan yang berlangsung secara berkesinambungan dimulai sejak masa pranatalsampai akhir hayat.
  4. Perkembangan muncul sebagai akibat interaksi. Perkembangan terjadi jika sesorang menaggapi terhadap belajardari atau mencari afeksi dari lingkungan biofisik maupun sosialnya.
  5. Perkembangan yang terpola. Semua anak berkembang mengikuti tahapan atau garis besar perkembangan manusia. Namun laju dan kualitas perkembangan itu sendiri berbeda setiap orang.

      Menurut Locke dalam Crain , Individu memiliki temperamen yang berbeda-beda, namun secara keseluruhan, lingkunganlah yang membentuk jiwa. Jadi yang penting di sini adalah pembelajaran selama masa bayi. Pada saat ini jiwa berada di dalam kondisi yang paling lunak sehingga kita bisa membentuknya seperti yang kita inginkan. Dan sekali kita melakukannya, sifat dasarnya sudah ditetapkan untuk seumur hidup.

Lebih lanjut Locke mengemukakan prinsip perkembangan sebagai berikut:
  1. Sebagian besar pikiran dan perasaan kita berkembang lewat proses asosiasi. Dua gagasan pasti selalu muncul bersama-sama secara teratur, sehingga kita tidak dapat memikirkan yang satu tanpa serentak memikirkan yang lain.
  2. Kebanyakan tingkah laku kita berkembang lewat proses repetisi  Saat kita melakukan sesuatu berkali-kali, menyikat gigi contohnya, maka praktek ini akan menjadi kebiasaan alamiah, dan kita aakan langsung merasai tidak nyaman jika suatu saat tidak melakukannya.
  3. Kita juga belajar lewat proses imitasi. Kita juga cenderung melakukan apa yang kita lihat dilakukan orang lain, sehingga model yang ada mempengaruhi karakter  kita. 
  4. Kita belajar lewat proses reward and punishment (penghargaan dan penghukuman)  Kita akan selalu berusaha terlibat dengan tingkah laku yang memunculkan pujian, kekaguman dan bentuk-bentuk penghargaan lainnya, sebaliknya, lita akan mundur dari tindakan-tindakan yang menghasilkan kosekwensi –konsekwensi  tidak menyenangkan.

Sementara menurut Baltes, perkembangan manusia memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Perkembangan manusia berlangsung sepanjang hidup
  • Perkembangan manusia bersifat multi dimensi
  • Perkembangan manusia bersifat multiarah
  • Perkembangan manusia bersifat plastis
  • Ilmu perkembangan bersifat multi disiplin
  • Perkembangan manusia bersifat kontekstual 


SUMBER BUKU / REFERENSI
  1. Elizabeth B Hurlock. Perkembangan Anak, edisi 6 (Jakarta: Penerbit Erlangga. 1978).
  2. HendraSofyan, Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya,(Jakarta:  Infomedika: 2014).
  3. John Santrock. Life Span Development, Perkembangan Masa Hidup,  terjemahan  Widyasinta .  ( Jakarta: Erlangga, 2012).
  4. Soegeng Santoso, Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. (Jakarta: Kreasi Pena gading, 2000),
  5. William Crain. Teori Perkembangan, Konsep dan Aplikasi, terjemahan Yudi Santoso. (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2007).




About Hendra Sofyan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Bedah buku : "Perkembangan Anak Usia Dini Dan Cara Praktis Peningkatannya"
    DR.H. Hendra Sofyan. MSi.
    Oleh : Destiva Trisna
    Buku karya bapak DR.H.Hendra Sofyan, MSi ini terdiri dari 8 BAB, yang dimulai dengan pendahuluan, hakikat dan landasan perkembangan anak usia dini, anak usia dini, pendekatan tematik, pelaksanaan KBM ditaman kanak-kanak, peningkatan perkembangan anak usia dini dan kaitannya dengan PTK, rencana kegiatan harian, dan yang terakhir alat ukur perkembangan anak usia dini. Yang mana pada setiap bab mempunyai point-point pentingnya tersendiri.
    Buku ini disusun berdasarkan pengalaman nyata dan dikuatkan dengan teori-teori yang sangat bermanfaat bagi pembaca. Jika melihat sekilas, buku ini terlihat menarik untuk desain cover, membuat sang pembaca penasaran dengan isi buku tersebut. Dari covernya mencerminkan buku ini adalah buku PAUD. Ketebalannya pun membuat pembaca berpikir kalau buku ini memiliki informasi yang cukup lengkap untuk digunakan sebagai buku ajaran. Daftar isi yang berurutan sesuai dengan topik permasalahan, membuat sang pembaca mudah untuk mengetahui informasi secara cepat. Dilengkapi dengan grafik-grafik yang memudahkan pembaca untuk berpikir dan dengan dibubuhi gambar-gambar juga sangat memudahkan pembaca untuk mengaplikasikan buku ini dikehidupan kerjanya. Disetiap bab-bab juga tertera sub-sub lain yang seperti pecahahan dan lebih mendetail tentang bab tersebut. Dan di halaman belakang buku terdapat glosarium yang memudahkan pembaca untuk mencari dan mendapatkan kosa kata baru. Dan yang tak kalah pentingnya dalam buku ini juga memuat contoh penelitian tindakan kelas yang sangat bermanfaat sekali bagi mahasiswa, calon guru dan guru.
    Adapun kekurangan dari buku ini adalah :
    1. Gambar pada cover masih pecah-pecah
    2. Simulasi gambar pada bab-bab tertentu tidak memiliki warna, yang membuat kesan buku ini hemat produksi karena tidak menaruh warna pada setiap gambar. padahal, jika ada warna pada setiap gambar, memudahkan pembaca untuk mengenal dan memahami apa maksud dari gambar itu. juga akan membuat buku lebih menarik di mata pembaca dan calon pembeli buku tersebut.
    Kelebihan buku:
    1. Secara keseluruhan buku ini sudah bagus dan dapat dikatakan sebagai buku pedoman untuk pembaca yang ingin meneruskan studi nya.
    2. Buku ini kaya akan pendapat para ahli yang dikutip dengan sangat baik sehingga sangat cocok dijadikan buku pegangan bagi pembaca khususnya mahasiswa PG PAUD.
    3. Dan juga tim yang bekerja untuk menyelesaikan buku itu, mereka sudah bekerja dan berusaha semampu mungkin hingga terbitlah buku itu.
    Terimakasih.

    BalasHapus


Top