ads

Tugas Mahasiswa

Tugas Mahasiswa[OneLeft]

Informasi

Tugas Akhir[OneRight]

Buku

Paper

       Perkembangan dan pertumbuhan anak sangat perlu dipahami sebab setiap anak tidaklah sama, tiap anak itu unik, dan semuanya secara individual, menawarkan konstribusi yang berharga bagi kebudayaan manusia. Setiap orangtua dan guru, dalam memahami berbagai aspek perkembangan anak, perlu dipahami setiap anak memiliki karakteristik, pemahaman perkembangan  bagi individu sebagai penuntun dan petunjuk  untuk mengetahui apa yang harus dilakukan pada periode-periode tertentu. dan bagi orangtua dan pendidik berguna sebagai petunjuk dalam membimbing anak didiknya. Perkembangan Anak Usia Dini berlangsung diawali di dalam keluarga atau rumah kemudian disekolah dan masyarakat.  Keluarga merupakan tempat berlangsungnya proses pendidikan pertama dan utama.
      Pada pelaksanaan awal pendidikan formal Taman Kanak-Kanak merupakan pendidikan pra-sekolah yang diselenggarakan bagi anak usia 4-6 tahun. Pendidikan TK bukan merupakan pra-syarat untuk memasuki jenjang sekolah dasar, sehingga bukan merupakan kewajiban bagi anak untuk memasuki TK. Tamam Kanak-kanak  merupakan lembaga pendidikan bagi anak usia 4-6 tahun untuk melaksanakan suatu proses pembelajaran agar anak dapat mengembangkan potensi-potensinya sejak dini sehingga anak dapat berkembang secara wajar sebagai seorang anak.
       Pemahaman aspek perkembangan anak diperlukan untuk kompetensi profesional guru. Sebagai bahan pertimbangan bahwa anak-anak  ketika pertama kali pergi ke sekolah untuk belajar merupakan satu hal yang berat.
       Pendidik di Taman Kanak-Kanak harus mengerti dan memahami masalah. Pengertiannya bahwa terhadap masalah khusus yang dihadapi anak dalam proses  perkembangan menuju kepada kedewasaan diperlukan perhatian dari kaum pendidik adalah dalam rangka memberikan bantuannya sesuai dengan kebutuhan anak agar dia tumbuh menjadi manusia mandiri.
Penyelengaraan TK dimaksudkan untuk memper- siapkan anak untuk memasuki dunia belajar, sehingga anak akan relatif lebih siap untuk belajar di sekolah dasar dari pada anak yang langsung masuk ke SD tampa melalui TK.
      Taman-kanak-kanak bukanlah sekolah, sehingga sistem pembelajaran yang diterapkan pada TK tidak bisa disamakan dengan di SD. Beberapa prinsip harus diperhatikan dalam pembelajaran di TK adalah dunia bermain dan dalam masa pertumbuhan sehingga belum waktunya bagi anak usia TK untuk belajar sebagaiman yang dilaksanakan di sekolah. Meskipun  bentuk permainan anak-anak di seluruh dunia dan dari waktu ke waktu berbeda-beda, tampaknya esensinya tetap sama, esensi bermain seperti: aktif, menyenangkan, voluntir, motivasi internal, memiliki aturan, dan simbolik serta berarti. Dengan demikian tidak seharusnya anak TK dipaksakan untuk membaca, menulis, dan berhitung, ini akan diperoleh pada saat anak duduk di bangku sekolah.
      Adapun prinsip lain, bahwa anak TK sedang belajar bersosialisasi. Anak TK pada umumnya masih sangat lekat dengan orang tua maupun keluarganya. Dengan demikian perlu ada masa belajar untuk memisahkan diri dari orangtua dan mulai berkenalan dengan orang lain. Kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, dari kalangan dan keluarga yang lain perlu dikembangkan, untuk memberikan bekal dalan bersosialisasi dengan masyarakat.


SUMBER BUKU / REFERENSI

  1. Conny R. Semiawan, Penerapan Pembelajaran Pada Anak, (Jakarta: PT Indeks, 2008).
  2. Ernawulan Syaodih. Bimbingan di Taman Kanak-kanak (Jakarta: Departemen Pendidikan nasional. 2005).
  3. HendraSofyan, Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya,(Jakarta:  Infomedika: 2014).
  4. Linda Campbell, Bruce Campbell dan Dee. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Terjemahan Tim Intuisi ( Jakarta: Intuisi Press: 2006).
  5. Sue Robson, Education in Early Chilhood, (London: The Roehampton Institute, 2003).
  6. Slamet Suyanto. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta Departemen pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005).

About Hendra Sofyan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top